-->

Walapkubun : Kilas Balik Perjalanan 2008

Walapkubun : Kilas Balik Perjalanan 2008

Walapkubun- Terletak diantara pegunungan bintang dengan Koordinat 5°07'30.5"S 140°48'26.8"E Kabupaten Oksibil. Walapkubun adalah nama kampung yang memiliki nama lain DEWOK. Sekitar tahun 2008 silam saat masih bekerja di perusahaan saya pernah bertugas disini selama kurang lebih 18 bulan. Sempat juga di IWUR selama kurang lebih 4 bulan. Baca Juga [ Background Self journey towards Amateur Radio ]
Selain IWUR, Kawor juga menjadi tempat saya menjalankan pekerjaan sebagai logistik. Perusahaan saat itu adalah PT.MTT yang bergerak di bidang kontruksi dan Jalan. Sangat menyenangkan bisa bertugas di pedalaman dengan masyarakatnya yang ramah namun terlihat jahat bagi Anda yang baru mengenal mereka.
Meskipun saya sudah tidak lagi bekerja di perusahaan ini atau dengan kata lain sebagai Karyawan ada kemungkinan saya akan kembali ke tempat ini yaitu Walapkubun. Namun kali ini perjalanan saya adalah untuk medirikan Stasiun Radio Komunikasi yang menghubungkan antara Base Walapkubun-Base Iwur ke Tanah Merah sebagai Central Base.
Jarak Perjalanan dengan pesawat jenis Cessna atau Pilatus dari Tanah Merah ke Walapkubun sekitar 30 menit kurang lebih. Dan untuk jarak pancar Radio berdasarkan range yang saya dapat dari +Google Maps antara Walapkubun dan Tanah Merah / Boven Digoel adalah sekitar 127 km untuk garis lurus. Selisih elevasi antara Walapkubun dan tanah merah adalah 30 meter dari permukaan laut. Dengan Rincian Ketinggian/Elevasi Walapkubun sekitar 350MTR dari permukaan Laut dan Boven Digoel sekitar 30MTR dari permukaan laut.

Cukup memungkinkan hanya dengan Larsen sekalipun bisa menjangkau Tanah Merah dengan MAX Output 25Watt dengan Band VHF.

Rencana Perangkat yang saya gunakan adalah RIG ALINCO DR-185 Mono Band 136-172, Untuk Alokasi belum di tentukan. Dan Antenna yang saya gunakan adalah Antenna DIAMOND F23H 7dBi ( Isotropic).

Kelengkapan perangkat masih dalam pembelian di Jakarta.

Nah Itu Kilas Balik saya Antara Walapkubun-Boven Digoel dan Sentani. Tunggu Updated Selanjutnya dari saya! Semoga kerja ini berjalan lancar! 73.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments