-->

Kurangi Noise Dari Catu Daya Menggunakan Ripple Filter

Kurangi Noise Dari Catu Daya Menggunakan Ripple Filter


Sering menggunakan Power Suplay untuk menghidupkan Radio Rig, atau mungkin Sound System semisal speaker aktif?

Biasanya ada suara noise pada speaker atau radio speaker. Nah jika Rekan mengalami hal tersebut tentu bisa diatasi dengan noise filter. Untuk produk pabrikan sudah banyak tersedia seperti Power Supplies Filter Circuits yang siap pakai. Namun jika rekan tidak punya cukup kocek bisa mencoba cara sederhana dengan komponen bekas dari perangkat yang sudah tidak dipakai. Silahkan bredeli satu-satu komponen yang dibutuhkan sesuai skema PCB berikut.

Ini saya bagikan buat rekan yang mungkin mau mencoba otak atik atau mau menambah perangkat Noise Filter dari Catu Daya ke Mesin Radio. Skema PCB ini sudah du coba oleh rekan rekan di Hombrew Project.

RANGKAIAN RIPPLE FILTER....

Secara sengaja, rangkaian ini tidak diperuntukan atay tudak difungsukan sebagai Regulator Tegangan atau Stabilisator Tegangan, melainkan khusus sebagai rangkaian pengedap Broming atau Derau/Noise [ Ripple Filter ].

Dalam skema PCB dibawah ini, pada dasarnya Capasitor C101 sama sekali tidak perlu di pasang. Dari hasil experimen terbukti C101 tidak berpengaruh. Namun jika Rekan mau memasangnya juga tidak masalah.

Rangkaian ini terdiri dari beberapa komponen berikut:
1. Transistor generik type NPN 2N3055
2. Transistor NPN BD139
3. Elco ( Kapasitor Elektrolit )

Untuk poin no.3 ubah sesuaikan agar bisa lebih efektif.

Jika berhasil, Tegangan Catu Daya yang berasal dari Dioda perata punya broming  dengan level lebih dari 3vpp. Tapi setelah melewati Ripple Filter atau rangkaian ini Brom nyaris tidak terdeteksi. Padahal, pada saluran masukan rangkaian ini, tanpa C101.

Pada Gambar bawah sisi kiri, menunjukan rangkaian elektronikanya yang dibuat dengan sistem "farming" dalam hal ini lapisan tembaga diatas papan cetak / Print Circuit Board ( PCB ) diperlakukan/difungsikan sebagai Ground.

Pada Gambar bawah sisi tengah menunjukan Brom yang luar biasa besar yang dihasilkan oleh Dioda perata. Level daru broming ini terukur sekitar 3Vpp.

Pada gambar bawah sisi kanan menunjukan brom yang sedemikian kecil pada terminal luaran rangkaian "Ripple Filter" ini. Sangat susah melihat Derau yang dihasilkan saking kecilnya.

Bagaimana apakah Rekan mau mencoba rangkaian ajaib dari masa lalu yang banyak digunakan pada berbagai alat ukur, yang nayatanya banyak dilupakan sebagian besar orang?

Terima Kasih kepada Rekan yang telah sudi memberikan sedikit tutorialnya. Semoga bermanfaat, untuk lebih jelasnya tentang rangkaian ini anda bisa juga bertanya langsung kepada rekan yang sudah melakukannya secara langsung pada link berikut: BRAM PALGUNADI.

Saran lain yang diperlukan:
Arus yang mengalir di R101 ( 39 ohm ) hanya sekitar 3 mA. Jadi wattage-nya 1/4 atau 1/2 watt cukup.

Juga arus di R103 ( 1Kohm ) hanya sekitar 23 ~ 25 mA., shg 1W sudah cukup.

Tentang kapasitor.
Kap Elco, krn kontruksinya dan karena jenis isolator yang berupa elektrolit, pada prakteknya tidak sempurna ( bahkan gagal ) untuk bypassing high-frequensi. ( induktansi dan equivalent serial resistant terlalu tinggi pada hi freq. ). Untuk itu, apabila hi-freq noises mengganggu sistem, maka pada setiap elco ( misal C102, C103 dan C104 ada baiknya diparalel dengan kapasitor kecil 50n ~ 100n yang dari ceramic, mylar atau polyester. Kapasitor jenis tsb sangat mudah meng-ground hi-freq noises.

Selamat Mencoba!

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments