-->

Software Logging Untuk Kontes Amatir - Part 5

Software Logging Untuk Kontes Amatir - Part 5

Contests Logging Software yang ada sebelumnya seperti Ham Radio Deluxe masih dirasa kurang mencukupi untuk beberapa firur bagi para Amatir Radio saat kontes berlangsung. Dua Program logging Contests Amateur yang paling populer saat ini adalah AC LOG (http://www.n3fjp.com/ACLog.htm) dan N1MM ( http://n1mm.hamdocs.com) Dengan program ini akan mengurangi sedikit saja kekeliruan para Amatir apabila salah dalam input laporan, Begitu juga N1MM yang sangat akurat dalam mengkalkulasi setiap log. Serta dapat langsung menghitung Nilai Skor kita dalam kontes, serta bisa langsung mengimpor data LOG ataupun mengekspornya kedalam Format sesuai yang kita inginkan.

Secara pribadi saya merekomendasikan gunakan Program N1MM saat Kontes. N1MM Logging Program adalah program terpadu dengan informasi tentang semua kontes, dan sering diupdate (biasanya lebih dari sekali seminggu), dan itu benar-benar gratis.Selalu eriksa pembaruan program logging Anda sesaat sebelum setiap kontes.

Sekilas Tentang N1MM Software
N1MM adalah program logging kontes dengan fitur lengkap yang telah ditingkatkan terus selama beberapa tahun. Untuk panduan lengkap bisa di download dari http://n1mm.hamdocs.com/tiki-index.php?page=Manual&structure=All+Documentation. Saya tidak akan mencoba untuk mengajarkan Anda bagaimana menggunakan N1MM, tapi saya akan menunjukkan beberapa fitur.

Setting Station Data
Pengaturan data stasiun- Ketika Anda pertama kali menginstal N1MM, Anda harus memasukkan informasi stasiun Anda. Jika tidak maka App akan meminta Anda, klik "Config" pada layar logging dan pilih  "Change Your station Data". Ini akan menampilkan layar dengan bidang kosong seperti ini:
Setelah Anda memasukkan data stasiun, N1MM akan menyimpannya dan secara otomatis menggunakannya untuk setiap kontes yang Anda masukkan.

Starting a new Contest Log /Memulai log kontes baru
Ketika Anda siap untuk memulai suatu  kontes, klik "File" pada menu bar diikuti oleh
"New Log In database". Catatan, Jika tidak ingin klik "New Database". Berarti semua data kontes atau log kontes akan disimpan pada database sebelumnya atau yang sama. Dan N1MM akan menampilkan layar dengan daftar drop-down tentang log kontes Anda.
Pilih kontes di bidang "Log Type", periksa tanggal awal (ingat, untuk menggunakan Zulu time / Date), dan pilih kategori (lihat di bawah). Jika Anda memasuki partai QSO, pilih "QSOPARTY" dari daftar kontes, dan pilih negara tertentu dari "Negara Log Jenis QSOPARTY" lapangan (lihat di atas). Ketika Anda selesai, klik OK untuk menutup layar ini dan kembali ke layar utama logging. N1MM akan memodifikasi kolom di layar logging untuk menampilkan dan hanya menerima informasi yang relevan dengan pertukaran untuk kontes.
Untuk membuat log entri, masukkan CallSign di bidang pertama,Bidang "Snt" adalah RST isi dengan peneriman Signal dan Rcv adalah Laporan penerimaan Signal. dan Jika Snt dan Rcv dikosongkan Aplikasi ini akan membuatnya default dengan RST 59. Kemudian pada bidang Exch Isi dengan Coment atau suatu Negara atau tempat. Jika semua sudah diisi kemudian tekan Log it atau Enter.

Spotting And MultiPliers Screen/ Layar Bercak dan multiplier
Kelebihan lain dari Aplikasi atau Program N1MM adalah N1MM memiliki fitur Cluster atau N1MM bisa membantu Anda menemukan stasiun lain yang On Air yaitu dengan melihat Spotting and MultiPliers. Caranya Anda perlu menghubungkan ke situs Spott agar secara otomatis N1MM untuk men-download informasi. Untuk melakukan hal ini, buka Spotting Log Telnet, pilih server Spott dari daftar drop-down, masukkan tanda panggilan Anda di bidang "Type", dan tekan Enter. Berikut ini Tampilan Spott Cluster :
Setelah terhubung ke situs Spotting, N1MM akan menampilkan Log Spotting Entry dan juga log Multipliers serta frekuensi secara realtime. Daftar Entry Spotting Frequency bisa kita klik untuk menuju panggilan atau mengalihkan frekuensi kita sebelumnya. Tabel Multiplier menunjukan banyaknya stasiun yang on. Untuk menyetel dan memasukan tanda Callsign klik dua kali pada entri stasiun dalm List multipliers.

Catatan : Perhatikan bahwa Spotting List hanya menunjukkan entri untuk stasiun pada frekuensi yang Anda tuning. Sedangkan Tabel multiplier menunjukkan entri untuk stasiun multiplier dalam Band.
Baca juga : Perangkat Pendukung Kontes Amatir - Part 4
Bersambung ke Part 6

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments