-->

Kategori Kontes Amatir Radio - Part 6

Kategori Kontes Amatir Radio - Part 6

Kategori Kontes Amatir 6 - Pada artikel sebelumnya saya menjelaskan tentang program N1MM dimana program tersebut adalah sebuah program logging khusus untuk Kontes Amatir Radio. Dan berikut ini masih lanjutan dari post tersebut, dimana masih mengupas seputar Aplikasi N1MM serta Tambahan berupa Kontes-Kontes Kategori yang sering ada dan berlangsung serta penerapannya ( cara input data ke N1MM ). Pada menu bar di N1MM terdapat pilihan ( Drop Down Menu ) tentang kategori kontes yang berlangsung.Disitu bisa anda pilih sesuai kontes yang Anda Ikuti.

Mode dan Band Kategori

Dalam sebuah kontes biasanya ada beberapa mode operasi seperti, SSB Phone, CW atau DIGITAL. Disitu Anda bisa beroperasi secara multiplier Mode ( Mixed ) atau Atau Anda beroperasi secara Stasiun tunggal ( satu Mode Operasi saja ).

Power Kategori

Biasanya ada tiga kategori daya:
  1. QRP - Mode Operasi tidak kurang dan lebih dari 5Watt.
  2. Low Power - Mode Operasi dibawah 150watt PEP.
  3. High Power - Mode Operasi diatas 150Watt PEP.
Single dan Multi-operator Kategori

Single maksudnya adalah stasiun ( operator Tunggal ), Multi Operator adalah sebuah Klub stasiun dimana banyak opertaor yang beroperasi dalam satu Stasiun ( Multi-Operator). Jika Anda ingin bekerja sama dengan para Amatir lain dalam sebuah Klub atau memiliki QSO Party dirumah, Anda bisa menggunakan ini untuk kontes dalam kategori Multi operator.

Assisted atau unassisted Kategori

Jika Anda menggunakan apapun bantuan selama kontes, maka Anda harus memasukkan "Assisted" kategori. Bantuan termasuk menggunakan Spotting list baik dalam program logging atau situs internet, dan itu termasuk bantuan dari Amatir lainnya yang menyediakan tempat atau yang login QSO untuk Anda. Jadi jika Anda berencana untuk menggunakan Spoting list, Anda harus memasukkan dalam mode Assisted.

Contests Scoring

Tujuan dari semua kontes adalah untuk mendapatkan Log QSO yang banyak, namun ada beberapa QSO yang dihitung dengan skor atau nilai yang berbeda, ini sesuai aturan yang diberlakukan pada seuatu kontes.Misalnya, untuk QSO sesama stasiun dalam negri diberi 1 poin, Luar negri diberi 2 poin, dan ada stasiun bonus yang hingga 5 poin per QSO.

Program AC Log dan N1MM sangat memahami aturan skoring untuk setiap kontes  yang berlaku, dan secara dinamis akan memperbarui dan menampilkan skor Anda saat Anda log QSO. Dan jika ada Entri duplikat maka itu tidak akan dihitung skor, kecuali pada Band dan frekuensi yang berbeda.

Multipliers

Selain menambahkan poin untuk skor Anda, beberapa QSO dihitung sebagai "multipliers". total skor Anda dikalikan dengan jumlah poin multiplier. Misalnya, dalam kontes CQ WPX, setiap awalan unik (W4, W5, UA2, dll) ditambah multiplier. Jadi, jika skor titik Anda adalah 5000 dan jumlah multiplier Anda adalah 20, maka total nilai anda 5000 * 20 = 100000. QSL.

N1MM akan menampilkan entri multiplier dalam jenis Bold Red dalam Spotting List yang bisa anda bedakan.. Dalam kasus CQ WPX, ketika Anda log Prefix, semua entri lain dengan Prefix yang sama akan berubah secara otomatis dari merah ke hitam. N1MM juga memiliki layar terpisah hanya untuk pengkali;  itu menunjukkan pengkali yang tersedia pada band apapun, bukan hanya salah satu yang "sedang On.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments