-->

Cara Buat Antena Mobile HF 40 Meter Band

Cara Buat Antena Mobile HF 40 Meter Band

Buat Antena untuk 40 Meter Band dari Larsen 2 meter Band. Yap.. Bagi rekan-rekan yang ingin punya Antena mobiling yang murah selain dari 2 meter band. Bisa coba dengan Cara berikut, Kita Ubah VHF LARSEN 2mB menjadi HF 40mB. Kita tahu kalau Antena yang dijual dipasaran itu cukup lumayan menguras kantong. Nah bagi Anda yang pas-pasan seperti saya Silahkan coba Tutorial berikut ini.

Khususnya bagi rekan-rekan yang punya Radio HF mobile seperti Yaesu 857D atau Icom mobile dan sejenisnya, tapi belum punya Antena Mobiling karena Antena seperti ATAS120 begitu Mahal dan juga icom Antena Mobile yang hingga 16 juta rupiah.

Kenapa cuma 40 meter Band saja, karena untuk standar perjalanan. selain itu band 40m juga paling sering On Air atau paling banyak Amatir di seluruh dunia on air pada band ini. Jika Rekan-rekan punya Tips atau Tutorial bisa juga membagikan di blog ini, dan Anda bisa jadi penulis langsung di blog, dan saya persilahkan Anda Semua yang berminat.

Sebelum saya menyampaikan Perangkat apa saja yang perlu disiapkan, ada baiknya Anda ketahui bahwa, setiap tulisan yang ada di blog ini, tidak semuanya dari pengalaman saya pribadi. Namun, ada yang saya ambil dari beberapa referensi di Internet,Fb,atau juga G+ dan sumber-sumber lainnya. 

Dengan mengambil sumber tersebut, saya berharap bukan saya sendiri yang mempelajari tapi saya berusaha untuk anda juga bisa mengetahui lebih banyak ( singkatnya, apa yang saya ketahui dari orang, maka saya sampaikan juga pada Anda ).

Baik, berikut ini adalah Komponen untuk membuat ANTENA Mobiling HF 40m :

1. Siapkan Antenna VHF 2 mtr. (5/8 lamda), yang sudah di seting di Frek kerja 2 Meter.
2. Siapkan PVC 1" 11cm. + 2 dop 1".
3. Kawat email 1,5mm .
3. Pasang 2 Konektor pada dop PVC, atas untuk Female, bawah tuk Male.
5. Lilit Kawat email Untuk :
- 27Mhz. 11 Lilit. spasi 0,5cm. bisa kurang lebih
- 11 Mhz 28 Lilit. ( rapat ) bisa kurang lebih
- 7 mhz 58 Lilit. ( rapat ) bisa kurang lebih

 6. Biarkan untuk Output ( Female) hanya terpasang Iner nya saja. (+). untuk tersambung ke antena Larsen 2 meter atau digabung.
 7. Siapkan Konektor SMA Jack Male & Female.

Contoh :

Catatan : Gunakan Kawat yang tepat untuk mendapatkan SWR yang rendah. Jika hasil SWR masih tinggi, Anda dapat menambahkan Capasitor atau Lilitan dari trap iner ke ground sebanyak 3 - 5 lilitan, kemudian cek kembali Impedansi dibawah 50Ohm atau SWR terendah.

Kemudian Set ANTENA GATE agar bisa mendapatkan Ground Bodi kendaraan, Untuk Kabel Ground usahakan sependek mungkin ( sesuaikan dengan kendaraan Anda masing-masing ). Karena jika kepanjangan SWR yang didapat tidak rendah kenapa?. Karena Antena HF adalah Mutlak. Tapi jika rekan ingin pakai GATER MAGNET untuk SWR rendah, rekan bisa pakai MAT50 merk DIAMOND yang bekerja pada 7-50Mhz.

Komponen untuk Type 1/4 WAVELENGTH
1. Siapkan konektor buat Rg8 dan Fiber pancing 150cm
2.Kawat email 0,8-1mm ( Jika tidak punya, bisa gunakan TRAVO power suplay Anda atau yang sudah tak terpakai lagi ).

Cara Buat :

  • Ujung bawah lubangi kiri 5cm untuk memasukan kawat (yang nantinya akan disolder ke konektor). Kawat email diikat bersamaan diujung fiber atas. 
  • Lilit lurus sepanjang 15 cm, lalu lilit rapat kira-kira 30cm kebawah. 
  • Sisanya lilit renggang sampap keujung bawah fiber lalu masukan lubang yang telah disiapkan,-masukan ke konektor rg8 tadi. 
  • Jangan disolder dulu, tes dulu - di frek berapa resoansi antena tersebut denan swr terendah. 
  • Jika ada pada frek lebih rendah dari 7mhz, tarik lilitan terbawah sampai ke frek yang dihendaki.
  • Jika sudah sesuai, solder dikonektor tersebut.
  • Jika Frek lebih tinggi, tambah lilitan bagian bawah sampai sesuai frek yang dihendaki. 
  • Jika belum bisa mendapat swr 1,1 bisa anda copling dengan capasitor keramik dari bodi/ke Ground ke iner di persimpangan Fiber bawah. 
  • Berlaku untuk frek lainnya 30 - 3,8 mhz. 
  • Potong fiber pancing bagian bawah sekitiar 55 cm.
  • Masukan Pecut larsen ke Fiber atas, 9 yang tentunya sudah dilubangi. bagian bawah pun sama dilubangi untuk kawat ke konektor Rg8, Mulai dari fiber atas emaill dililitkan sepanjang 25cm, sisanya lilit renggang keujung fiber bawah, masukan lunagnya, solder ke konektor rg8.
  • Untuk pengaturan frekensi matching-nya, diatur sesuai diatas tadi. 
  • Jadilah antenna mobil model Hamstick 1/4 Wave


Jika sudah fix antenna matching di frekuensi dihendaki, bungkus dengan kabel bakar atau apa saja supaya menarik, Contoh di frekuensi 7.077mhz, dibungkus menjadi di 7.055mhz. Untuk bagian ini Anda bisa berkreasi sesuai selera. DONE, Semoga bermanfaat. 73.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments