-->

Selain Screenlock, Fingerprint Ternyata Punya Fungsi Ini

Selain Screenlock, Fingerprint Ternyata Punya Fungsi Ini


Fungsi Fingerprint - Kalau melihat keluaran Smarphone akhir-akhir ini, semua produsen ponsel canggih hampir semuanya banyak yang menanamkan fitur Fingerprint.

Tapi ngomong-ngomong nih Admin malah belum pernah merasakan fitur Fingerprint loh pada smartphone selain yang ada pada fitur di laptop admin. Sebenarnya sih pada ponsel punya Admin ini ada juga fiturprintnya, hanya saja tidak diaktifkan, lantaran dirasa Ponsel admin jauh dari ancaman pencurian, dan bebas juga dibuka rekan-rekan atau keluarga, isinya juga gak ada yang privatif amat.

Tapi, gak ada salahnya jika Admin mau berikan info kalau Fingerprint selain berfungsi untuk mengunci ponsel yang hanya bisa dibuka oleh jari juga memiliki fungsi lainnya yang jarang kita ketahui, kebetulan ini juga pengalaman pribadi So.. apa saja itu?

Sebelum lebih jauh kesana, buat rekan-rekan yang belum tahu sejarah teknologi Fingerprint, saya akan kasih gambaran sedikit nih..

Sebelum Android dan iOs, Perangkat yang menggunakan teknologi Fingerprint pertama kali di dunia adalah produk Toshiba G500 dan G900 di tahun 2007 lalu dengan mengusung sistem windows.

Tapi sejak Apple merilis fitur Fingerprint yang dikenal Touch ID pada Iphone 5S, fitur ini dirasa sudah populer. Pasalnya, ternyata sudah banyak juga ponsel murah yang sudah mengusung fitur Fingerprint.

Kenyataannya, sejak sistem ini di tanamkan pada smartphone, para penggemar ponsel seperti sudah memiliki nilai lebih, karena terlihat lebih keren. Bayangkan ketika orang lain masih menggunakan fitur PIN atau Password kombinasi sementara kita hanya menggunakan sidik jari untuk membuka kunci ponsel. Ehm kerenkan..?

Nah, kembali ke awal tadi. Selain untuk membuka kunci layar ponsel, Fingerprint ternyata fungsi lain. Apa saja itu, berikut ini:

Umumnya, Fingerprint hanya untuk membuka layar saat ponsel dalam posisi sleep atau terkunci, namun di beberapa smartphone ternyata fitur ini juga bisa diset untuk mengangkat telpon atau panggilan dari seseorang atau mengambil gambar. Tapi rupanya itupun masih fitur standar. Kenyataannya masih banyak cara unik lainnya yang bisa digunakan dalam fitur sidik jari atau fingerprint ini.

Tapi sekali lagi ini juga harus ada aplikasi tambahan agar kita bisa fitur fingerprint bawaan ponsel dan tentunya tanpa Root. Jika rekan-rekan suka untuk menggunakan fitur fingerprint yang hampir bisa digunakan selain membuka layar saja, misalnya untuk membuka aplikasi, cukup tambahkan aplikasi "Fingerprint Gestures" yang tersedia di Playstore. Dengan menggunakan Aplikasi tersebut ponsel kita sudah jadi secanggih Pixel Imprint mirip dengan Google Pixel.


Setelah di instal aktifkan layanan Fingerprint Gesture kemudian atur fungsi mana saja yang disediakan aplikasi ini. Kemudian buka tab satu persatu tampilan layar yang muncul. Kamu bisa mengubah fingerprint ke tombol power, media, membuka aplikasi dan mengatur toggle atau gantikan pada fitur lain yang ada di ponsel supaya lebih keren.

Nah itulah fungsi lain dari Fingerprint pada smartphone yang sudah ada fitur bawaannya dengan bantuan "Fingerprint Gesture".

Sudah canggih ponsel semakin keren. Ehm.. tapi bagaimana dengan ponsel Android yang tidak memiliki fitur Fingerprint bawaan tapi ingin memiliki fitur sama dengan Ponsel Fingerprint?

Caranya sama yaitu dengan menggunakan aplikasi Fingerprint Gesture. Hanya saja kita tidak bisa untuk mengunci layar serta membukanya dengan sidik jari, kecuali dengan cara Sistem Android kita di "ROOT" terlebih dahulu.

Catatan: Jika belum di Root jangan coba-coba Instal aplikasi sidik jari "Fingerprint Gestures", karena Androidmu bakal Error. Dan cek sebelum Instal, biasanya pada Versi Android 6.0+ tidak Error.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments