-->

Updated: Apa Itu QSL Card dan Fungsi QSL Manager

Updated: Apa Itu QSL Card dan Fungsi QSL Manager

Apa fungsi QSL Card?.... dan apa itu QSL Manager? Dua hal yang saya harap anda tidak mengatakan kepada admin bahwa hal ini basi dan tidak perlu lagi di ulas, karena setiap anggota amatir pasti sudah mengetahui tentang fungsi dari QSL Card.

Namun begitu, saya selaku admin tidak bosan dalam membahas sesuatu yang bermanfaat dan mengulangnya kembali, itu kenapa?.. Karena dibawah anda para YB, ada YC, dibawah YC, ada YD dan dibawah YD, tentu ada CAMAR yang mencari pengetahuan tentang ini, dan saya sadar jika sayapun masih YD dan perlu banyak belajar, dan dari hasil yang saya pelajari patut saya bagikan kepada siapapun yang membutuhkan terutama para pemula, khususnya saya pribadi.

Dalam aturan komunikasi dua arah atau QSO tidak sah tanpa saling bertukar info seputar CallSign dan Report, dan tidak sah pula jika tidak saling bertukar karttu QSL. Biasanya komunikasi local sehari-hari kita jarang sekali saling bertukar kartu, namun jika ber-QSO dengan rekan yang jauh misalnya luar daerah local kita sendiri, sangat disarankan untuk saling bertukar QSL. Dimana Kartu QSL menandakan bahwa anda telah benar-benar melakukan QSO ( komuniksi ) dengan stasiun lain.

“Sebuah komunikasi dinyatakan sah bila telah terjadi pertukaran Callsign dan Report yang readback. Dengan kata lain sebuah komunikasi walau telah terjadi berjam-jam jika belum dilaksanakan pertukaran Callsign dan Report, maka dapat dinyatakan komunikasi itu tidak sah, dan tidak dapat di berikan kartu kanfirmasi komunikasi (QSL Card)”

Jelas disini bahwa QSL Card berfungsi sebagai tanda konfirmasi bahwa anda telah sah ber-QSO dengan lawan Stasiun anda. Baik komunikasi yang anda lakukan singkat, sedang ataupun panjang.

Kemudian tahap selanjutnya yang anda ketahui adalah, Bagaimana kita mengelola QSL CARD, baik dalam mengirim QSL CARD ataupun menerima QSL CARD.

Dengan perkembangan teknologi saat ini banyak penyedia layanan yang dikenal dengan nama QSL MANAGER? Yaitu sebuah instansi yang khusus melayani korespondensi ( surat atau Email ) dengan layanan ini memudahkan kita yang sibuk dan tidak sempat membuat dan mengirim sendiri QSL Card kepada stasiun yang telah ber-qso dengan kita. Sayangnya untuk Indonesia saya belum menemukan sumber QSL Manager yang memberi pelayanan dalam system online ataupun Offline, mudah-mudahan jika ada rekan yang mengetahui bisa memberikan infonya melalui komentar.

Namun untuk local memang bukan suatu yang harus juga kit dalam menggunakan QSL manager, karena kita bisa mengirim sendiri baik via email ataupun Pos, ini tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak, apakah mau dikirimkan lewat pos atau melalui email. Alternative ini memang ada banyak kekurangan, tapi cukup optimal dalam hal keabsahan suatu QSO. Salah satu kekurangannya adalah kita tidak bisa menyediakan award untuk kita sendiri.

Berbeda dengan penyedia layanan QSL MANAGER yang telah menyiapakan segudang award dari hasil log dan QSL yang telah kita koleksi, selain itu dengan QSL Manager anda tidak harus disibukan dengan kertas atau mengeprint kertas dan mengirimkannya melalui pos, sehingga anda harus kesana kemari. Yang perlu anda siapkan adalah template QSL Card Anda, selebihnya kita cukup memasukan logging hasil QSO yang telah kita buat dalam format ADIF, dan juga biaya yang sangat murah untuk berlangganan ini, namun sekali lagi tentu dalam hitungan dolar, ehmm..

QSL manager juga sangat penting bagi anda yang akif melakukan CQ DX pada band-band HF, terutama anda yang mengikuti kontes-kontes internasional. Dan pastikan anda mencari layanan QSL Manager yang professional. Pada akhir tulisan ini saya akan memberikan rekomendasi beberapa layanan QSL manager untuk anda. Namun sebelum saya memberikan itu saya akan berikan beberapa ulasan/tips lanjutan dulu, simak terus….

Tips tips dalam memilih manger yang professional :

Search lowongan manager di Google, Bing atau Yahoo dengan kata Kunci (QSL Manager Society)

Jika sudah ketemu salah satunya baca profil atau about layanan tersebut. Jika menurut anda itu bagus maka hubungi manager yang diinginkan kontak korespondensi (Surat atau email) dan beritahu bahwa anda ingin mempunyai QSL manager.Tanyakan pada calon manager apakah dia juga dapat mengelola award award yang diinginkan anda.Tanyakan QSL card yang dicetak dan bagaimana prosedurnya.

Beberapa saran apabila anda ingin mempunyai QSL Manager, yaitu :
  • Cari Call sign manager yang mudah di ingat
  • Cari Manager orang Amerika, Eropa barat atau Jepang.
  • Cari tahu Umur manager yang akan ditunjuk Misal : Buckmaster
    Call book
  • Beritahulah secara terbuka bahwa anda tidak mempunyai waktu untuk mengurus QSL card padahal anda hobby komunikasi DX.
  • Kirim Copy dari data Izin Amatir radio, pas photo (1 Lembar) dan beritahu perangkat yang digunakan untuk DXing.
Itu dia beberapa saran dan tips untuk anda yang ingin menggunakan jasa layanan QSL Manager, dan sesuai dengan Janji saya, pada akhir post ini saya akan memberikan rekomendasi situs-situs penyedia layanan QSL Manager. Namun dibawah ini lebih simple dari saran dan tips saya diatas. Yang perlu anda lakukan adalah registrasi dan isi semu form yang di perlukan.

1.  QRZ.COM https://www.qrz.com/i/qsl.html
2.  Qsl Manager - Qsl Info on-line - Ik3qar.it www.ik3qar.it/manager/
3. The QSL Manager's Society home page - QSL.net www.qsl.net/qslmanagers
4. List of QSL sub-managers - Radio Society of Great Britain www.rsgb.org

Itulah beberapa layanan QSL manager yang saya rekomendasikan buat Anda, dan bagi rekan-rkan yang sudah lebih dulu memiliki layanan QSL manager dan telah menggunakannya mohon bagikan informasi itu disini dihalaman komentar agar bisa menjadi rujukan lebih lanjut oleh rekan-rekan lain yang akan memulai. Semoga bermanfaat. 73.

Best Regards
YD9RSG
Andi Yank Aryanto

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments