-->

Google Doodle: Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-72 RI

Google Doodle: Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-72 RI


Google Doodle edisi Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-72 RI saat diklik akan menampilkan hal yang mengejutkan. Hari ini Kamis, 17 Agustus 2017 merupakan ulang tahun Republik Indonesia yang ke-72.

Seperti biasa Google dan seperti tahun tahun sebelumnys selalu ikut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Dan biasanya dalam partisipasinya Google selalu menyangkan sebuah Doodle khusus pada laman Google.co.id. Dan pada perayaan kali ini Google Doodle menampilkan pict 6 orang dari berbagai suku di Indonesia.

Seperti terlihat pada Screenshot berikut ini, keenam orang tersebut tengah berada dalam satu perahu yang sama.
Apa makna Google Doodle 17 Agustus 2017 ini?

"(Doodle) Merangkum semangat 'kesatuan dalam keragaman' (Bhinneka Tunggal Ika), semboyan nasional Indonesia (berasal dari sebuah puisi Jawa abad ke-14) yang mendefinisikan kegembiraan hari bersejarah ini," sebut
Google dalam laman keterangannya.

Selain itu google menjelaskan bahwa pada setiap peringatan Kemerdekaan Indonesia, Ibu kota Jakarta dan beberapa daerah lain biasanya selalu menggelar parade, termasuk marching band dan dekorasi bendera Merah Putih.

Upacara bendera juga akan mendominasi hari Kemerdekaan Indonesia.

Google juga mengatakan, perayaan hari kemerdekaan di Indonesia lazim diwarnai oleh berbagai macam permainan tradisional seperti panjat pinang, balap karung, dan lomba memasak.

Dari laman Google sendiri terkait Tema Doodle hari Kemerdekaan Indonesia 2017 kali ini dibuat oleh seniman Indonesia bernama Aditya Pratama yang merupakan seorang Ilustrator dan desainer asal Bandung yang telah banyak menghasilkan karya-karya seni.

Diketahui Aditya Permana sudah sering memajang sejumlah coretan tangannya di google.

Di HUT RI ke-71 tahun lalu 2016, Google menampilkan tiga orang anggota pengibar bendera pusaka. Di 2015, Google menampilkan tugu proklamasi. Di 2014, sebuah ilustrasi karya desainer lokal Indonesia yang dipajang.

Dan di tahun 2013 dan 2012 masing-masing menampilkan gambar burung Garuda dan lomba balap karung.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments