-->

Panduan Untuk Amatir Radio Kontes-Part 1

Panduan Untuk Amatir Radio Kontes-Part 1

Panduan Kontes Amatir Radio - Salam rekan-rekan ku Sebangsa dan Setanah Air. Dan terima kasih juga bagi Rekan-rekan yang dari luar negri jika kebetulan Anda sedang mengunjungi blog ini. Tips Panduan Amatir radio menuju Kontes ini adalah Karya seorang Phil Sherrod – W4PHS ditulis April 17, 2011 silam, dan setelah saya cek hanya diterbitkan versi artikel pada 3 blog berikut.

1. http://www.k4ro.net/w4phs/W4PHS_Guide_to_Ham_Radio_Contests.pdf
2. http://namiloca.over-blog.com/2015/10/ham-radio-deluxe-contest-serial-number.html
3. http://www.readbag.com/k4ro-w4phs-w4phs-guide-to-ham-radio-contests

selebihnya tersimpan dalam cloud server versi teks pdf.

Disini saya akan mencoba menulisnya kembali dalam bahasa Indonesia, So..mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam penulisan atau kalimat, ini sudah saya tambah dengan bahasa keseharian jadi tidak resmi dari terjemahan secara bahasa yang baik dan benar, Namun semoga ini dapat membantu Anda terutama saya PRIBADI. kita mulai.

Kontes HAM Radio ( Amatir Radio ) itu sangat menyenangkan, tapi banyak para amatir merasa terintimidasi dengan banyaknya panggilan masuk yang cepat dan juga bersamaan dari banyak stasiun.

Jangan takut dan tak perlu khawatir. Panduan Berikut ini sebagai bekal anda agar terampil dan percaya diri saat ikut kontes.

Setelah Anda mengetahui Cara kerja Kontes serta mengetahui Software dan Hardware yang digunakan, Bersenag-senanglah! Kontes merupakan salah satu cara untuk membangun nilai QSO anda dan menambah daftar kontak DX anda.

Setiap Amatir Radio punya alasan berbeda setiap mengikuti kontes. Ada amatir yang ikut kontes untuk berusaha menang dan ada juga yang sekedar saja. Namun untuk memenangkan Kontes membutuhkan bakat bawaan dan juga pengetahuan atau tips, Dukungan peralatan atau ( condition Work ), Dedikasi dan juga latihan.

Sebagian amatir radio ada yang sangat serius mengikuti kontes : Ada juga amatir yang dapat bekerja dengan dua perangkat ( radio ) sekaligus secara bersamaan, dengan menerima suara satu dengan earphone kiri ( untuk telinga kiri ) dan satu earphone kanan ( untuk telinga kanan ). upss.. Santai saja, Harus diingat Kontes merupakan bagian dari kesenangan ( Senang-Senang ) Jangan karena anda tidak menang dalam turnamen master berati anda juga tidak bisa bersenang-senang.

Perlu diingat ! dalam kode etik amatir, radio adalah hobinya.... Jadi baik komunikasi biasa atau dalam kontes itu juga bagian dari hobi. Ini bukan pekerjaan, jadi saya melakukan atau ikut kontes untuk senang-senang". Apakah Anda Paham, Jadi biarkan saya mulai dengan tips atau panduan untuk Ham radio Contes ( Amatir radio kontes ). Berikut adalah yang harus anda ketahui.

1. Mendapatkan informasi tentang kontes
Ada banyak kontes setiap tahun. Bahkan, sangat mungkn ada kontes berlangsung setiap saat di suatu tempat di seluruh dunia.  Jadi setelah Anda tahu informasi kontes, Anda memiliki banyak kesempatan untuk melatih keterampilan Anda. Ada banyak kontes dalam skala kecil seprti state QSO parties ( dalam skala ORLOK, ORDA atau NEGARA ), dan ada event internasional besar seperti kontes ARRL DX. Umumnya,  kontes yang lebih kecil lebih mudah untuk memulai daripada yang besar. karena dari yang kecil kita mulai berlatih untuk menghadapi yang besar ( Event internasional ).

Berikut ini adalah Daftar Kontes-Kontes terbesar yang berlangsung setiap tahun:
  • ARRL DX Contest – 3rd full weekend in February for CW; 1st full weekend in March for SSB.
  • CQ World Wide Contest – Last full weekend in October for SSB; last full weekend in November for CW.
  • CQ World Wide WPX Contest – March for SSB; May for CW
  • ARRL “Field Day” – The last weekend in June
Untuk memulainya, Anda perlu mengetahui dimana saya bisa mendapatkan Kalender Kontes, serta Aturan atau Rules yang berlaku untuk setiap Kontes. Berikut ini adalah Situs Web yang selalu memberikan info Kontes ( event Besar ) ataupun skala kecil.

http://www.hornucopia.com/contestcal/contestcal.html
http://www.arrl.org/contests

Sebagai tambahan dari saya secara pribadi, Bahwa Situs IARU.ORG pun selalu ada info kontes, anda bisa kunjungi web tersebut untuk mengetahui informasi seputar kontes. Dan untuk Kontes ORARI anda bisa kunjungi orari.or.id. ... Bersambung ke PART 2

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments