-->

Panduan Peraturan Kontes Amatir Radio - Part 2

Panduan Peraturan Kontes Amatir Radio - Part 2

Tulisan Ini merupakan Lanjutan dari Panduan Untuk Amatir Radio Kontes - Part 1 , Silahkan dibaca kembali untuk pemahaman lengkap. Dalam Ulasan ini mengenai Peraturan Kontes dan Pengertian Sprint Contest. Baik Kita Mulai saja..

2. Peraturan Kontes
Yap, Setiap Kontes Amatir Radio pasti memiliki Aturan, Oleh karena itu sebelum terjun dalam Kontes ada baiknya Anda membaca dan memahami Aturan yang berlaku. Atau bisa anda Copy ataupun download untuk dibaca. Misalnya, jika dalam Aturan Kontes Anda hanya di bolehkan satu kali saja QSO pada Band 20m di 14.200 kemudian setelah itu Anda QSY Naik atau turun, kemudian kembali pada 14.200 untuk menerima atau memanggil kemudian QSY kembali begitu dan seterusnya.

Selain peraturan kontes tertentu, Andapun harus selalu mentaati aturan FCC ( Federal Communications Commission ) dan praktek operasi yang baik. Ini karena meskipun tidak ada frekuensi yang diberikan dalam band Amatir, Namun ada beberapa frekuensi dengan jaringan lama seperti 14,300.  Dimana Maritime Network menyediakan dukungan yang berharga bagi para pelaut lepas pantai. Anda harus menghindari frekuensi ini.

The WARC band (12m, 17m, dan 30m) tidak dapat digunakan untuk dan di dalam Kontes, (lihat http://en.wikipedia.org/wiki/WARC_bands). Untuk Indonesia Anda Bisa cari versi PDF dengan Kata Kunci Kelas EMISI REGULATION BAND, Jika ada kesempatan lain saya akan sajikan buat Anda.

Sprint Kontes
Sprint Contests adalah sebuah rangkaian Pertandingan, dalam tanggal yang sama ada beberapa event yang berlangsung, sehingga ada aturan atau frekuensi khusus untuk tempat Anda PSE QSY. Atau Anda harus meningalkan frekuesi dimana Anda tadi melakukan panggilan pertama dan ber QSO, kemudian naik atau turun 5Khz atau 10Khz, kemudian CQ lagi dan QSO, kemudian QSY lagi, dan ulangi CQ lagi hingga QSY lagi. Dan Stasiun yang menghubungi Anda mewarisi frekuensi Anda dan dapat menggunakannya sampai mereka membuat sebuah QSO,s.

Berikut adalah aturan yang sebenarnya untuk sprint Contests: "Jika setiap stasiun meminta panggilan (dengan mengirimkan" CQ, QRZ "," naik 5 kHz, "atau cara lain meminta tanggapan, termasuk meminta QSO pada suatu frekuensi untuk diberikan), mereka diizinkan untuk bekerja hanya satu stasiun dalam  menanggapi ajakan itu. Mereka kemudian harus bergerak minimal 1 kHz sebelum memanggil stasiun lain atau setidaknya 5 kHz sebelum meminta panggilan lainnya. Setelah stasiun diperlukan untuk QSY, stasiun tidak diperbolehkan untuk membuat QSO lain pada frekuensi dikosongkan sampai atau kecuali setidaknya satu QSO berikutnya dibuat pada frekuensi baru. "

Perangkat yang Digunakan Dalam Kontes
Kontes bukan hanya tes (Opperating Skills) keterampilan operasi; melainkan juga merupakan ujian besar bagi Perangkat ( Radio Equipment ) peralatan radio Anda. Sebuah kontes memerlukan fitur lebih dari Perangkat Radio dari aktivitas keseharian Amatir di luar kontes. Namun, Jangan berkecil hati dengan perangkat yang anda miliki. Dengan Perangkat Radio HF standar-pun Anda sudah bisa bersenang-senang dan mendapatkan banyak log QSO yang cukup Banyak.  Saya (W4PHS) mendapatkan ratusan log QSO kontes hanya dengan Radio Yaesu FT-897D "starter" 100 Watts dan antena G5RV.

Bersambung ke Part 3.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments