-->

Fungsi Radio Dua Arah eg: Handy Talky

Fungsi Radio Dua Arah eg: Handy Talky

Two Way Radio - Handy Talky, Radio Rig, HF Radio, UHF Radio, Radio CB ( citizen band) dan Walky Talky. Dari sekian banyak model dan jenis perangkat seperti saya kutip diatas kesemuanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat komunikasi dua arah.

Bagi Anggota Organisasi seperti ORARI dan RAPI, perangkat diatas sudah lumrah dan biasa, namun bagi sebagian orang ada yang masih belum tahu, dan bahkan menganggap hal itu sudah kuno atau ketinggalan zaman.

Persepsi tentang perangkat komunikasi seperti Handy Talky yang sudah ketinggalan zaman atau kuno adalah persepsi yang keliru. Yang benar adalah Perangkat Radio adalah perangkat awal sebelum ditemukannya perangkat komunikasi seperti Telpon dan MobilePhone, dimana Perangkat komunikasi Radio berkembang sesuai tingkat atau setaraf teknologi yang berkembang saat ini, dan akan eksis hingga hari kiamat, saya berani menjamin ini.

Jenis Radio seperti Handy Talky masih digunakan baik oleh para Anggota organisai tertentu, atau perusahaan, para pengelola organiser dan banyak lagi.

Sedikit perbedaan menonjol antara HP/Smartphone dan Radio Handy Talky adalah:


1. Handy talky tidak memerlukan biaya pulsa untuk berkomunikasi dan dalam kepemilikannya memerlukan izin terkait, sementara HP/Smartphone/Telpon genggam tidak memerlukan izin.

2. Handy talky dapat digunakan dalam kondisi apapun baik dalam keadaan tidak ada jaringan seluler, bencana ataupun darurat. Sebaliknya HP/Telpon Genggam/ Smartphone tidak demikian.

Saya cukupkan dulu 2 poin perbedaan. Apakah Handy Talky dan Mobile phone punya persamaan?.. ya benar tentu saja ada.

Persamaan Smartphone/Handphone/Mobilephone/Telpon genggam adalah sama-dama alat untuk berkomunikasi, dan sistem komunikasi yang dipakai sama yaitu "Frekuensi".

Frekuensi seluler yaitu frekuensi khusus, yang tidak boleh digunakan oleh CB ataupun organisasi terkait, namun alokasi ini sudah paten, dan untuk setiap perangkat radio yang di produksi tidak akan memasukan frekuensi seluler dalam sistem perangkat radio komunikasi.

Namun kenapa, kita tidak bisa mendengar komunikasi antara dua orang pengguna Mobilephone, sementara pada Handy talky kita bisa mendengar dua atau tiga orang yang sedang melakukan percakapan apabila dalam satu frekuensi yang sama?..

Perangkat seluler memiliki server dan tidak pada radio, pada server ini tersimpan data kontak pengguna mobilephone " nomer HP" meski bekerja pada satu frekuensi yang sama namun ada filter yang mengatur agar hanya nomer tertentu saja yang bisa saling mendengar.  Sebenarnya cara inipun bisa kita gunakan untuk Handy talky dengan sistem gateway. Namun gateway yang kita gunakan saat ini khusus untuk suatu room dan bisa didengar oleh banyak orang.

Dengan Handy talky kita tidak bisa berkomunikasi jarak jauh karena hanya terbatas 5 atau 10km saja, berbeda dengan HP, apakah demikian?..

Sekali lagi Anda harus ingat Prinsip kerja dua perangkat ini, yaitu sama-sama menggunakan frekuensi. Jika Anda memiliki HP kemudian tidak ada stasiun relay di sekitar Anda, Apakah Handphone Anda berfungsi untuk melakukan panggilan jauh misalnya?.. yakin bahwa itu tidak berdungsi. Makannya harus ada Tower gang bisa menjangkau mobile anda, sehingga bisa menerima dan melakukan panggilan, dengan skema Mobilepho>Tower/Stasiun relay bumi/>Satelite/stasiun relay angkasa>Tower/stasiun relay bumi>mobilephone

Handy talky juga bisa di adaptasikan dengan kebutuhan seperti Handphone dengan skema diatas dengan sistem server gateway, skema tidak perlu saya tidak ulas, karena hampir sama dengan skema diatas. Namun sekali lagi, jika terjadi bencana, petir, sunami, atau keadaan kritikal lainnya, mobilephone tetap tidak dapat digunakan seperti Handy Talky, Radio Rig ataupun SSB radio.

Baik, setelah jauh kurang lebihnya tentang perangkat mobilephone dan mobileradio/handy talky berikut ini adalah beberapa fungsi dari Handy Talky:

1. Pekerjaan:
Alasan yang sederhana bukan?, mau tidak mau, ada beberapa jenis pekerjaan atau kegiatan yang mengharuskan Anda menggunakan perangkat ini dalam keseharian. Seperti Dinas Kepolisian, Karyawan pabrik, Kontraktor, Pekerja Tambang, Security, Bahkan Event Organizer.

2. Keselamatan:
Penggunaan Handy Talky dalam  kondisi darurat, seperti bencana Alam, Search and Rescue di lembah dan Gunung, Perairan Laut, Gua, Petugas Mobile, Medical, Serta kondisi darurat lainnya, dalam beberapa kasus telah terbukti membantu menyelamatkan banyak jiwa manusia ataupun harta benda. Dengan alasan itu ada orang yang membeli perangkat Handy Talky atau Radio komunikasi sebagai emergency preparedness , untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi darurat bencana, maka dapat menolong keselamatan diri sendiri maupun orang lain, mengingat jalur komunikasi publik seperti telepon dan seluler biasanya terputus untuk beberapa waktu.


3. Praktis:
Salah satu alasan kuat kenapa Handy Talky masih banyak penggunanya adalah kepraktisannya dalam mempermudah suatu pekerjaan. Ini karena Handy Talky memiliki fungsi yang tidak dapat tergantikan oleh Mobilephone/Smartphone/Telephone Genggam, yaitu komunikasi "ONE-TO-MANY" atau "BROADCAST VOICE INFORMATION" dan komunikasi mandiri tanpa ketergantungan pihak lain. Dengan demikian informasi yang disampaikan melalui Handy Talky dapat didengar oleh semua pihak yang memantaunya, sehingga dapat mudah melakukan koordinasi mobile team secara serentak. Event organizer, field officer, security, tim SAR atau bahkan konvoi kendaraan.

4. Murah:
Baik Anda mau menggunakan Handy Talky sekali dua kali atau terus menerus itu bukan masalah, ini karena biaya perijinan dan biaya pembeliannya bersifat tetap, tanpa ada pengeluaran biaya tambahan seperti halnya komunikasi internet atau telepon seluler. Handy talky bisa Anda bawa ke tempat-tempat wisata atau rekreasi sehingga memudahkan anggota keluarga dalam berkomunikasi dan saling pantau posisi tanpa pulsa.

5. Hobi:
Selain 4 poin diatas poin 5 ini merupakan bagian dari saya pribadi dan rekan-rekan se-organisasi yaitu bagian dari HOBI, yaitu alat komunikasi yang bersifat sosial baik langsung, atau sekedar memberi kabar maupun untuk menjalin hubungan silaturahmi agar lebih dekat dengan sesama pengguna Radio, misalnya ORARI dan RAPI. Ditambah dengan banyaknya Tower atau stasiun relay yang menjamur, Lebih trend Handy talky dibanding Radio Rig atau Radio Base Satasiun. Dari hobi ini sampai ada seseorang menjadi kolektor berbagai jenis Handy Talky, mulai dari jenis Handy Talky model kuno sampai jenis perangkat digital.

Nah, itu kurang lebih fungsi dari perangkat komunikasi mungil Handy Talky yang harus Anda tahu dan tidak menganggapnya ketinggalan zaman. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share, dan tinggalkan komentar. Salam dan 73.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments