-->

Apa Itu VPN dan Fungsinya dalam Dunia Internet

Apa Itu VPN dan Fungsinya dalam Dunia Internet

VPN atau Virtual Private Network dalam pengertiannya indonesia adalah jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium non pribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman atau dalam bahasa teknologinya Enkripsi.

Sejak ramainya pemblokiran telegram oleh pemerintah Indonesia, banyak warganet yang masih memperbincangkan soal penggunaan beberapa layanan pesan instan seperti Whatsaap, dan juga aplikasi mesenjer media sosial dimana tidak terjamin keamanannya alias tidak terenkripsi.

Nah, dalam penggunaanya, di beberapa negara yang menerapkan pemblokiran terhadap suatu situs seperti yang terjadi di China atau beberapa negara lainnya, umumnya pengguna ketika ingin mengakses situs yang di blokir pemerintah maka pengguna sebenarnya masih bisa mengakses situs tersebut yaitu dengan cara memasang aplikasi VPN, Bagi perangkat mobile Smartphone bawaan biasanya sudah disediakan pengaturan VPN, begitupun dengan perangkat Windows atau Mac pada Komputer.

Namun, sekali lagi seperti diberitakan beberapa media lokal, yang dikutip dari The Verge, Minggu (30/07) rupanya perusahaan sebesar Apple juga harus tunduk dan patuh terhadap peraturan di negara China yang menerapkan sistem Great Firewall paling ketat di dunia.

Seperti diketahui bahwa, di China banyak layanan pesan instan selain produk lokal yang tidak bisa diakses sama sekali oleh pengguna seperti Whatsapp, sementara media sosial seperti facebook, Twitter dan juga youtube serta mesin pencari google pun sama sekali tidak bisa diakses oleh masyarakatny.

Fungsi VPN (Virtual Private Network)
Saat ini sangat mudah di jumpai khususnya aplikasi VPN di google Store yang dapat digunakan pada perangkat mobile mulai dari yang gratis hingga berbayar. Saya sendiri merupakan salah satu pengguna layanan VPN berbayar dari Psiphon Pro dan saat ini sudah berjalan sekitar 2 bulan dengan berlangganan penuh selama 1 Tahun.

Dengan menggunakan VPN semua penggunaan serta data-data yang ada di dalam smartphone juga sangat sulit untuk di intip oleh para kriminal siber, ini merupakan salah satu fungsi adri VPN. Namun selain mempunyai Fungsi meng-enkripsi semua data VPN juga mampu menembus alias mengakses semua situs atau media yang di blokir oleh pemerintah lokal dimana sistem kerja dari VPN ini setelah diaktifkan terlebih dahulu sebelum berselancar, maka akan menyembunyikan semua aktivitas kita dari pantauan siber keamanan negara seperti IP yang tidak dapat diketahui dan dicurigai oleh pihak otoritas keamanan Internet. Tapi sekali lagi mungkin ini hanya berlaku di negara kita Indonesia yang memang sistem sensor internetnya yang belum seketat di negara China.

Di China perusahaan penyedia VPN yang bisa beroperasi hanya mereka yang mau mengikuti peraturan dari pihak otoritas keamanan internet saja, dan semua aplikasi dari perusahaan penyedia VPN yang tidak bisa digunakan di China atau tidak mendapatkan izin sangat banyak

Secara umum VPN memiliki tiga gungsi utama kepada penggunanya seperti berikut ini:

1. Confidentiality
Kerahasiaan mungkin itu kata yang tepat. Dengan VPN saat kita memulai koneksi semuanya akan melalui suatu terowongan khusus sehingga semua data yang keluar dan masuk dari dan kepada pengguna semuanya terekripsi. Dengan sistem Tunel atau terowongan yang dibuat oleh VPN maka sekalipun ada pihak yang berusaha menyadap semua data lalu lintas kita termasu IP, namun mereka tetap akan kesulitan karena sistem acak. Dengan VPN yang memiliki sistem Enkripsi ketat, maka dipastikan tak ada satupun orang yang bisa mengintip dan mengakses jaringan data pengguna.

2. Data Integrity
Data Integrity atau keutuhan data pengguna. Kita andaikan seperti ini, ketika anda sudah mulai berselancar dan melalui jaringan internet, data anda sebenarnya telah melakukan perjalanan yang sangat jauh dan melintasi berbagai negara, saat data dalam perjalanan apapun bisa terjadi tanpa diduga, misalnya hacker yang menemukan data anda dan segera memanipulasinya sebelum sampai ke tujuan, atau bahkan rusak atau malah hilang sama sekali. Namun dengan VPN semua data anda akan tetap utuh hingga diterima oleh penerima di tempat yang berbeda.

3. Origin Authentication
Keaslian sumber tetap terjaga. Dengan teknologi VPN yang kita sematkan pada perangkat internet bergerak seperti mobile Smartphone VPN mampu melakukan tugasnya memberikan data autentifikasi kepada sumber-sumber pengirim data yang akan kita kita terima. VPN akan memeriksa semua data dari sumber datanya sebelum dan dikirim kepada pengguna berbeda. Jika ada sumber data yang diragukan maka VPN inilah yang bertugas untuk mengamanankannya dan menganngap sumber tidak valid, begitupun sebaliknya. Dengan VPN maka semua data yang akan dikirim dan diterima oleh anda dan dari anda akan diperiksa sumbernya, sehingga tidak ada data yang bisa dipalsukan dan dikirimkan ke pihak lain.

Nah, itu fungsi VPN secara umum yang banyak dari kita belum mengetahuinya. Selain 3 Fungsi utama diatas masih ada fungsi lainnya yang terkadang justru malah disalahgunakan oleh sebagian orang seperti mengakses sesuatu laman dewasa atau laman-laman yang berbau konten kekerasan dan juga untuk membuka IP situs yang diblokir oleh pemerintah. Jadi kalau anda menggunakan fasilitas VPN pastikan menggunakannya dengan bijak yah.

Bagaimana pendapat anda?

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments