-->

Fitur Radio Untuk Kontes Amatir Radio - Part 3

Fitur Radio Untuk Kontes Amatir Radio - Part 3

Amatir Radio Kontes - Setiap Radio HF Pasti memeiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, setiap produk yang dijual dipasaran tidak semuanya memenuhi keinginan para amatir radio, oleh karenanya, sering para amatir ber-experimen sendiri untuk memenuhi kepuasan dalam komunikasi DX atu DX kontes. Berikut adalah beberapa fitur Radio yang perlu Anda dimiliki para Amatir untuk Ajang kontes: Baca Panduan Peraturan Kontes Amatir Radio - Part 2

Fitur pada Radio untuk Kontes

POWER - Salah satu teman saya gemar mengatakan Hal ini terutama berlaku untuk kontes "Life Is Too Short For QRP" .bersaing dengan puluhan, Ratusan Bahkan Ribuan stasiun dalam Ajang Kontes yang Langka, dalam Hal ini adalah kontes besar. Tentu Anda menginginkan Power Radio Anda mencukupi kebutuhan. Bahkan ketika Para Amatir Radio yang memiliki Power Radio hanya 25Watt PEP, mereka menambkan Booster atau AmpliFier. Ini karena bandwidth yang sempit, CW dan mode digital seperti PSK-31 memungkinkan stasiun daya rendah untuk menjadi lebih kompetitif  dengan stasiun daya tinggi saat bekerja dengan SSB.

ANTENNA - Power besar saja tidak cukup, Saya rasa Anda Para Amatir Tahu bahwa Antena 1/4 Lambda memiliki Rumus Power X Gain, Jadi Jika Power Radio besar Namun Gain Antena Kecil, maka Range-nya pasti terbatas. Namun jika Gain Tinggi, maka itu pasti akan mengeluarkan pancaran yang sangat besar pula. Bisa Anda bayangkan sebuah stasiun dengan Power Radio 100Watt bisa mengeluarkan pancaran Hingga 1,5KW. Antenna yang disarankan adalah Antenna Directional seperti YAGI atau HEXBEAM, Dengan Antena ini banyak menguntungkan Anda para Kontestan, karena Antena ini tidak hanya meningkatkan Power anda saja tetapi juga mengurangi QRM dari stasiun di arah lain.

FILTERS - Jika kontes utama adalah "concerto dari QRM". Maka anda tidak akan tahu dimana frekuensi yang jelas; disetiap band anda menyetel akan mendengar dua atau lebih stasiun dobling atau split atau inference. Maka dalam situasi seperti ini Anda membutuh Radio dengan Sistem Filter yang ketat. Radio terbaik memiliki filter yang dapat disesuaikan untuk mengencangkan dari atas dan / atau di bawah seperti yang diperlukan untuk mengurangi QRM. Saya biasanya menggunakan filter antara 1,6 kHz dan 2,1 kHz ketika bekerja pada kontes utama.

AUDIO COMPRESSION - Kebanyakan radio memiliki fitur kompresi audio yang mengurangi rentang dinamis dari sinyal audio Anda, sehingga daya yang ditransmisikan rata-rata lebih tinggi. Anda ingin terlibat kompresi untuk kontes. Ini adalah ide yang baik untuk mendapatkan teman untuk mendengarkan transmisi Anda sebelum kontes dengan berbagai tingkat kompresi yang dipilih, sehingga Anda dapat menentukan tingkat kompresi yang maksimum tanpa membuat Anda terlalu sulit untuk memahami.

VOICE and CW MEMORIES - Beberapa radio high-end memiliki satu atau lebih momori QSO yang tersimpan. Hal ini dapat menghemat suara Anda ketika  memanggil CQ berulang selama berjam-jam. Maksudanya gunakan CQ CW yang sudah Anda buat cukup bunyikan untuk memanggil, selebihnya jika Ada jawaban maka Anda jawab tanpa memori lagi, melainkan dengan Ketukan Morse manual.

Bersambung Ke Part 4

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments