-->

Kegiatan Identifikasi DQRM Oleh Roger Western G3SXW- Intro

Kegiatan Identifikasi DQRM Oleh Roger Western G3SXW- Intro

Dalam kegiatan DXClub atau DXContes Para amatir sering mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti Gangguan interference ataupun doubling ataupun juga Split. Dalam Amatir Q-Code hal ini disebut dengan QRM. Namun ada QRM yang memang disengaja oleh beberapa stasiun Anonim kegiatan kesengajaan ini disebut sebagai DQRM. Dimana stasiun yang tidak dikenal dengan sengaja mengganggu pengoperasian Radio yang sah atau memiliki licensi. Stasiun anonim sama sekali tidak memiliki lisensi dan masuk tanpa callsign, bahkan jika diminta untuk menjelaskan motif mereka dalam menggunakan jalur dialpun mereka tidak tahu.

Kegiatan DQRM ini bisa dibilang suatu kegiatan anarkis karena tidak mengindahkan peraturan yang berlaku. Dimana kegitan mereka ini menyebabkan ketidak-nyamanan yang besar bagi Amatir Radio, terutama bagi mereka yang sedang dalam DXpedition,DXclub, atau DXcontes dan kegiatan Sah Amatir lainnya. Dan DQRM merupakan Gangguan yang serius dan masalah besar bagi Amatir radio hari ini.

Perkenalan diatas adalah untuk Anda yang sering berkomunikasi HF, Dan Disini saya ingin membagikan Tips dari seorang Amatir dengan Callsign G3SXW, Artikel Aslinya dalam bahasa Inggris dan saya akan membagikan untuk Anda sebagai refenssi yang mudah2an bermanfaat bagi saya khususnya, dan Umumnya untuk Anda semua yang mahu membaca dan belajar. Pada blog saya ini, Setiap artikel yang saya terbitkan, Tidak semata sepenuhnya artikel saya pribadi, namun ada beberapa yang saya ambil dari rekan-rekan dari luar.

Namun setiap artikel mereka yang saya terbitkan kembali, baik dalam bahasa inggris, sebisa mungkin saya meminta izin dari penulis aslinya untuk saya rewriting ataupun republising. Jadi disini dalam menguraikan isi artikel mereka saya tidak secara terjemahan langsung, melainkan saya tambahkan sedikit dengan gaya bahasa kita. Jadi saya berusaha agar Anda bisa memahami sepenuhnya. Namun Jika ada kekurangan saya mohon maaf, karena apa yang saya tulis, pada dasarnya adalah untuk pemahan saya dalam bidang Amatir, Namun jika bermanfaat untuk Anda, itu suatu kebaikan buat Anda. Dibawah ini adalah Screenshot atas permintaan izin saya untuk publikasi isi artikel beliau.

Untuk dalam Bahasa Inggrisnya saya sudah menerbitkannya terlebih dahulu, dan bisa Anda baca disini KLIK Identifying DQRM by Roger Western G3SXW .. Dan Bisa Bisa Anda Download versi PDF dihalaman tersebut. Dan untuk yang versi Bahasa Indonesianya, Saya akan Bagi menjadi dua atau tiga Bagian, Karena cukup panjang. Jadi Mohon bersabar, karena disini masih sekedar Introduction saja.

Best Regards
YD9RSG
Andi Yank Aryanto.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments