-->

Apa itu televisi amatir ( Amateur Television )

Apa itu televisi amatir ( Amateur Television )

Amateur Television- Sebagai perkenalan, yang harus anda ketahui adalah, ada dua perbedaan yang digunakan antara  Mode televise dan Band Amatir.

1.    Slow-Scan (SSTV) ini  digunakan untuk mengirim gambar diam melalui saluran suara dengan menggunakan kurang dari 3kHz bandwidth, dan mengambil puluhan detik untuk mengirim masing-masing gambar. Format ini dapat digunakan pada hampir semua band amatir;

2.    Fast-Scan (FSTV, ATV) mengirimkan aliran video berkelanjutan (seiring dengan suara pada sub-carrier) dalam format yang sama dengan siaran analog yang ada (25 frame per detik
menggunakan sistem PAL). Ini membutuhkan bandwidth hingga 20MHz (atau dua kalinya, ditambah split duplex ketika beroperasi melalui repeater), dan hanya dapat digunakan pada Pita/band UHF dan SHF.
Amateur Television (ATV)- Atau dalam bahasa Indonesia disebut televisi amatir merupakan sebuah kegiatan transmisi penyiaran video dan audio yang kompatibel dengan radio Amatir. Ini juga mencakup studi dan pembangunan pemancar dan penerima serta propagasi antara keduanya.

Di Negara-negara NTSC (National Television Standards Commitee ) seperti  Canada, Chile, Costa Rica, Cuba, Dominican, Republic Ecuador, Japan, Mexico, Nicaragua, Panama, Peru, Philippines, Puerto Rico, South Korea, Taiwan, USA.  Untuk mengoperasikan ATV, alokasi khusus frekuensi berada pada pita/band 6MHz,  atau VHF atau lebih rendah kurang dari 6MHz, oleh karenanya operasi ATV hanya terbatas pada Band UHF keatas.

Namun yang sangat popular untuk operasi ATV adalah pada Band/pita 70cm, ini karena pancaran signal dapat diterima oleh semua televise kabel. Dan bias juga ditransmisikan jauh dengan stasiun relay atau repeater , namun repeater khusus.

Mode NTSC tidak boleh sembarang digunakan, pengoperasiannya hanya terbatas di Negara-negara tertentu saja. Karena mode ini, secara khusus diberikan hanya untuk Broadcast, dan bukan komunikasi dua arah, seperti halnya kita berkomunikasi via radio.

Note : “NTSC adalah sistem televisi analog yang terutama digunakan di Amerika Utara. Pada bulan Maret 1941, Nasional televisi standar Komite dari Amerika Serikat mengeluarkan suatu standar teknis untuk televisi hitam putih. Pada tahun 1950, Komite standar televisi berwarna dan menyebutnya NTSC dari 1953”.

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments